Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Untuk Penderita Liver

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Untuk Penderita Liver

Liver tergolong penyakit berbahaya yang mematikan secara diam diam, sehingga tidak boleh disepelekan. Penyakit ini disebabkan oleh virus, jamur, serta bakteri yang meracuni liver atau hati  seseorang.

Sudah seharusnya orang yang terkena penyakit liver mendapatkan perhatian khusus, dikarenakan efek yang ditimbulkan sangat berbahaya jika sudah tergolong parah.

Dalam keadaan ringan biasanya tidak menimbulkan gejala yang serius, namun tergolong fatal akibatnya jika penyakit ini tidak segera diobati, karena seiring berjalannya waktu akan bertambah parah, seperti badan mudah lelah dan juga mata mulai menguning.


Cara Agar Penyakit Liver Tidak Bertambah Parah

Sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisi pasien agar tidak bertambah parah. Dengan cara menghindari beberapa pantangan makanan untuk penderita liver, diantaranya :
  • Makanan yang Berlemak Tinggi
    Sebaiknya hindari makanan yang berlemak tinggi pada menu makanan sehari-hari, contohnya jeroan, daging ayam, daging sapi dan daging kambing.
  • Makanan Kemasan Kaleng dan Olahan.
    Pengawet yang ada didalam mekanan kemasan yang instan sangat tidak baik untuk penderita penyakit liver.
  • Beberapa Jenis Sayuran Tertentu.
    Sayuran memang sangat sehat untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh, namun untuk penderita liver sebaiknya jangan mengkonsumsi beberapa sayuran berikut ini, lobak, mentimun, sayur kol, sawi dan ubi. Karena mengandung gas dan dapat memicu kondisi bertambah parah.
  • Beberapa Jenis Buah-buahan.
    Buah yang sebaiknya dihindari oleh pengidap liver adalah buah durian, nangka, anggur, dan buah nangka.
  • Makanan Dengan Bumbu Rempah TinggiMasakan dengan bumbu yang sangat menyengat. Misalnya makanan dengan cabai, bawang, merica, jahe dan juga cuka yang banyak. Jika anda yang suka makan di restoran Padang, maka sebaiknya dihindari karena makanan padang kaya akan bumbu rempah-rempahan.
  • Seafood.
    Beberapa jenis seafood seperti udang, kerang, cumi, dan kepiting menjadi pantangan bagi pengidap penyakit hati.
  • Minuman alkohol dan bersoda.
    Sebaiknya stop mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol dan juga bersoda jika tidak ingin penyakit liver semakin parah.
  • Merokok.Asap hanya akan merusak tubuh, terutama organ paru paru dan hati, sehingga jika tidak ingin kematian semakin dekat anda maka jauhi rokok/tembakau.
Liver bukan penyakit yang bisa diabaikan begitu saja, karena dapat mengakibatkan, peradangan atau kerusakan pada hati yang lebih parah, seperti kanker hati dan bahkan sampai mengakibatkan kematian dini. Di indonesia jumlah penderita dengan angka tingkat kematian akibat penyakit liver cukup tinggi. Untuk itu, jangan sampai anda menjadi korban berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Liver Dengan Cepat


Sakit Bukan Berarti Melemahkan Anda, Karena Motivasi Untuk Menuju Sehat Adalah keluarga. Untuk Itu Jangan Putus Asa Untuk Selalu Menuju Hidup Yang Sehat, Agar Bisa Ceria Bersama Keluarga.