Gejala Tipes: Tanda tanda Orang Terkena Penyakit Tipes

Gejala Tipes: Tanda tanda Orang Terkena Penyakit Tipes

Banyak orang yang menganggap sepele penyakit tipes, padahal hampir 21 juta orang didunia terserang dan 216 pengidapnya menyebabkan kematian.

Di Indonesia, tipes atau tifus menyerang mereka yang kerap mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau sudah terkontaminasi oleh bakteri. Gejala tipes biasanya berkembang dalam waktu  satu atau dua minggu setelah seseorang terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Jika mendapatkan perawatan yang tepat, gejala akan membaik dalam waktu tiga sampai lima hari.

Sehingga sangat disarankan apabila terkena penyakit tipes jangan menunda terlalu lama pengobatannya agar kondisi tidak semakin memburuk dalam hitungan hari dan dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, sampai merenggut nyawa jika penyakit tipes sudah parah.

Tanda Tanda Orang Mengalami Gejala Tipes

Tanda tanda tipes yang sering dirasakan biasanya meliputi demam tinggi, tidak enak badan, dan gangguan pencernaan. Ketika mengalami hal itu, anda harus segera pergi ke dokter untuk di periksa dan didiagnosa secara jelas.

Berikut gejala yang umumnya sering dirasakan oleh penderita sakit tipes, diantaranya :

  • Demam atau panas dengan suhu tinggi, bisa mencapai hingga 39-40° C
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit perut
  • Tidak nafsu makan
  • Sembelit atau diare (Kecendrungannya, sembelit pada dewasa dan diare pada anak-anak)
  • Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil
  • Pegel-pegel
  • Lemas
  • Rasa Kebingungan, seperti disorientasi tempat dan lingkungan
Tidak sedikit orang yang mengalami penyakit tipes dan membiarkannya tanpa diobati, padahal tindakan tersebut sangat fatal akibatnya.

Komplikasi serius dari penyakit tipes adalah adanya pendarahan usus karena bocor, terjadi ketika usus mengalami peradangan berat yang akhirnya pecah atau berlubang. Jika sudah seperti ini, maka isi usus bocor ke rongga perut dan memicu tanda dan gejala, seperti sakit perut parah, mual, muntah dan infeksi menyebar ke aliran darah (sepsis). Untuk kasus komplikasi seperti ini membutuhkan pertolongan segera dan perawatan medis seperti tindakan operasi. Untuk itu, sebelum terlambat maka dianjurkan untuk segera mengambil tindakan ketika penyakit belum parah.

Rekomendasi : Obat Herbal Tipes: Mengatasi Sakit Tipes Sampai Sembuh Total


Banyak kebahagiaan keluarganya hilang dikarenakan salah satu diantaranya mengalami sakit tipes, sangat disarankan untuk tidak menunda dalam pengobatannya.