Lowongan Kerja (Kemensos) Kementerian Sosial RI

LOKERBUMN. INFO | Lowongan Kerja (Kemensos) Kementerian Sosial - Kementerian Sosial Republik Indonesia (disingkat Kemensos) dahulu Departemen Sosial (disingkat Depsos) adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan dan membidangi urusan dalam negeri di dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di bidang sosial. Kementerian Sosial dipimpin oleh seorang Menteri Sosial (Mensos) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa.
Menteri Sosial pertama pada masa awal kemerdekaan dipercayakan pada Mr. Iwa Kusuma Sumantri yang ada waktu itu membawahi kurang lebih 30 orang pegawai untuk Bagian Perburuhan dan Bagian Sosial. Hampir semua pegawai tersebut kurang/tidak berpengetahuan dan berpengalaman cukup mendalam dalam bidang perburuhan dan bidang sosial. Pada awalnya kantor Kementerian Sosial berlokasi di Jalan Cemara no. 5 Jakarta namun pada waktu Ibu kota Republik Indonesia pindah ke Yogyakarta, pada tanggal 10 Januari 1946 kantor Kementerian Sosial ikut pindah ke gedung Seminari di Jl. Code Yogyakarta. Kemudian ketika pemerintahan Republik Indonesia pindah kembali ke Jakarta, Kantor Kementerian Sosial menempati kantor di Jalan Ir.Juanda 36 Jakarta Pusat, dan mengalami perpindahan lokasi lagi ke Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat sampai sekarang. sumber; wikipedia
pada hari ini bulan Oktober 2017 Kementerian Sosial akan melakukan rekrutmen pendamping PKH sebanyak 16.092 orang. Kemensos membuka lowongan kerja kementerian terbaru untuk menjadi Koordinator Regional, Koordinator Wilayah, Koordinator Kabupaten/Kota, Pekerja Sosial, Supervisor, Pendamping Sosial, Asisten Pendamping Sosial, dan Administrator Database PKH. dengan penjelasan detailnya berikut ini.

1. Pekerja Sosial Supervisor 877 orang

Persyaratan:

  • Minimal D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerja Sosial
  • Diutamakan pengalaman menjadi pendamping sosial PKH denggn latar belakang pendidikan D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerja Sosial
  • Mempunyai pengalaman praktek pekerjaan sosial
  • Menguasai MS Office
  • Usia maksimum 45 tahun 

2. Pendamping Sosial 12.214 orang 

Persyaratan:

  • Pendidikan D.III/D.IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial/Sarjana di bidang ilmu-ilmu sosial terapan, diutamakan mengikuti pelatihan dan/atau pengalaman praktek di bidang pendampingan sosial/fasilitator pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi sosial, perlindungan sosial, jaminan sosial, dan program penanggulangan kemiskinan lainnya;
  • Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini); 
  • Menguasai MS Office.
  • Usia maksimum 35 tahun

3. Pendamping Sosial PKH Akses 2.013 orang 

Persyaratan:

  • Pendidikan minimal tingkat SMA, diutamakan lulusan Sekolah Menengah
  • Kejuruan Pekerjaan Sosial (SMKPS), diutamakan yang pernah mengikuti
  • pelatihan dan/atau pengalaman praktek pekerjaan sosial di berbagai bidang pelayanan kesejahteraan sosial dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) minimal 1 (satu) tahun;
  • Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini);
  • Mampu berkomunikasi dengan masyarakat kampung secara baik dan memahami karakteritik masyarakat serta adat istiadat setempat;
  • Bersedia ditempatkan di distrik-distrik yang jauh dari ibukota kabupaten.
  • Usia maksimum 45 tahun 

4. Asisten Pendamping Sosial 172 orang 

Persyaratan:

  • Pengalaman Kerja sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) minimal 1 (satu) tahun
  • dan memiliki pendidikan minimal SMA/Sederajat;
  • Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini);
  • Mampu berkomunikasi dengan masyarakat kampung secara baik dan memahami karakteritik masyarakat serta adat istiadat setempat;
  • Usia maksimum 45 tahun 

5. Administrator Database Provinsi/Kabupaten/Kota 607 orang 

Persyaratan:

  • Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Ilmu Komputer/Informatika/Statistika dan rumpun ilmu Sains dan Teknologi diutamakan yang pernah mengikuti pelatihan dan/atau pengalaman praktek di bidang komputer/pengolahan data dan internet;
  • Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan di kabupaten/kota lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini);
  • Usia maksimum 35 tahun

6. Koordinator Regional 7 orang 

Persyaratan:

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Wilayah PKH minimal 2 tahun;
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Kab/Kota PKH minimal 4 tahun;
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH Provinsi/ Kab/Kota minimal 5 tahun;
  • Memiliki hasil evaluasi kinerja baik dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi; 
  • Membuat surat pernyataan: 1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Regional yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga; 2) Bersedia ditempatkan di seluruh regional; 3) Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain
  • Berdomisili di lokasi yang membutuhkan Koordinator Regional

7. Koordinator Wilayah 9 orang 

Persyaratan:

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator kabupaten/Kota minimal
  • selama 2 tahun.
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun.
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH minimal selama 5 tahun.
  • Membuat surat pernyataan: 1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Wilayah yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga 2) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah yang dibutuhkan; 3) Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain;
  • Memiliki hasil evaluasi kinerja baik dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi dan Koordinator Wilayahi;
  • Berdomisili di wilayah kerja Koordinator Wilayah yang dibutuhkan. 

8.Koordinator Kabupaten/Kota 193 orang 

Persyaratan:

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun.
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator minimal selama 5 tahun. 
  • Berkinerja baik berdasarkan penilaian kinerja Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan belum pernah mendapatkan Surat Peringatan (SP) dalam 4 (empat) bulan terakhir.
  • Membuat surat pernyataan: 1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Kabupaten/kota yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga 2) Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain
  • Mendapatkan rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota.
  • Berdomisili di kabupaten/Kota yang dibutuhkan. 

PERSYARATAN PELAMAR

  1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
  2. Siap dan bersedia bekerja purna waktu (full time);
  3. Tidak berkedudukan sebagai pengurus, anggota, dan atau berafiliasi Partai Politik (mengisi formulir pernyataan yang telah disediakan);
  4. Tidak pernah dan atau sedang tersangkut kasus hukum baik pidana maupun perdata, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  5. Memiliki pendidikan sesuai prasyarat jabatan yang dibuktikan dengan ijasah terlegalisir;
  6. Usia miminal 19 (Sembilan belas) tahun maksimal 45 (empat puluh lima) tahun pada bulan Oktober 2017;
  7. Bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain;
  10. Bersedia menandatangani Pakta Integritas apabila terpilih;
  11. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.

Prosedur Pendaftaran:

  • Pendaftaran online dibuka pada tanggal 9 Oktober 2017 pukul 00.00 WIB dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2017 pukul 23.59 WIB.
  • Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi berbasis android dengan nama Seleksi SDM PKH 2017 yang dapat diunduh di google play store. 
  • Pelamar melakukan login pada aplikasi "Seleksi SDM PKH 2017" dengan menggunakan NIK.
  • Pelamar mengisi form pendaftaran secara lengkap yang terdiri dari:
    1. Data domisili
    2. Data pendidikan terakhir
    3. Data pengalaman kerja
    4. Data sertifikat (bila ada)
    5. Data penghargaan (bila ada)
  • Pelamar mengunggah:
    1. Foto KTP asli dan atau surat keterangan domisili.
    2. Foto ijazah asli terakhir. 

JADWAL KEGIATAN 

  1. Pengumuman Lowongan Kerja 7 s.d 18 Oktober 2017
  2. Pendaftaran Online 9 s.d 18 Oktober 2017
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 30 Oktober 2017
  4. Seleksi Kompetensi Bidang 12 s.d 15 November 2017
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Bidang 1 Desember 2017 

Catatan:
  • Hanya pelamar terbaik yang memenuhi persyaratan yang akan diproses
  • Semua tahapan seleksi Lowongan Kerja (Kemensos) Kementerian Sosial RI tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS
  • Hati-hati terhadap berbagai penipuan lowongan kerja yang sering terjadi
  • Mohon selalu cek batas penutupan lowongan
Demikian informasi Lowongan Kerja (Kemensos) Kementerian Sosial RI Oktober 2017 hari ini yang bisa kami berikan. Silahkan anda boleh menyebarluaskan info loker yang anda di situs ini, tetapi jangan lupa untuk menyertakan sumber yang menuju ke blog ini, semoga apa yang telah kami informasikan di blog LOKERBUMN.INFO bermanfaat untuk para pencari kerja di indonesia. Silahkan anda baca juga Lowongan Kerja November 2017 untuk menambah referensi anda.
Source: http://gigantialiteratura.blogspot.com